Suara. com – Penyanyi Vidi Aldiano saat ini hidup dengan satu ginjal. Sebelumnya, penyanyi 30 tahun itu divonis menderita kanker ginjal stadium 3 dan melakukan operasi pengangkatan dalam Singapura pada 14 Desember 2019.

Kini, Vidi Aldiano merasa sehat meski hidup secara hanya satu ginjal. Meski telah kehilangan satu ginjal, Vido pasti bersyukur. Malah ia tak mau menyi-nyiakan hidupnya sekarang dengan mengganti gaya hidup.

“Gue sekarang kan ginjalnya susunan satu. Diet makanannya, semuanya dengan nggak memperparah kerja ginjal gue ini. Gue juga nggak bisa kerja berat, olah raga pula nggak boleh keras, cardio aja, ” kata Vidi Aldiano, pada channel YouTube Nikita Willy dengan diunggah Jumat (5/12/2020).

Selain rajin olahraga, Vidi Aldiano juga kini menerapkan diet plant-based. Pelantun “Nuansa Bening” ini tak lagi mengonsumsi daging merah.

Baca Juga: Vidi Aldiano Bagikan Lakon Hidupnya yang Cuma Punya Satu Ginjal

Vidi Aldiano dan Sheila Dayang Aisha. [Instagram]

“Daging merah membangun tinggi banget kreatin. Dokter gerangan nggak ada yang bilang membendung gue makan ikan atau mandung sih. Cuma gue kemarn yg cobain plant-based diet. Gue saat ini olahraga cuma sepeda, squash sepadan badminton, ” ujar Vidi Aldiano.

Setelah kehilangan kepala ginjal, Vidi Aldiano pun tersadar bahwa kesehatan menjadi teramat penting. Vidi yang tadinya pekerja membengkil dan memiliki ambisi besar pada dunia musik, kini menjaga kesehatan sebagai prioritas utama.

“Gue Aries, ambisius banget. Zaman gue pekerja kerasa banget. Tapi setelah itu (terkena kanker) gue merasa semua harta, karya itu nggak ada gunanya. Punya tersebut semua kalau nggak sehat untuk apa?, ” tutur Vidi Aldiano.

“Dari zaman gue pengin sukses, ingin membahagiakan orang-orang sekitar gue. Tapi gimana lu mau menyayangi orang-orang dengan lu sayang, kalau lu sendiri sakit. Dulu prioritas pekerjaan, sekarang diri sendiri dan orang-orang yang sayang sama gue dan gue sayang mereka juga, ” cakap Vidi Aldiano.

Selain itu, Vidi Aldiano juga saat ini tersadar dirinya disayangi banyak orang. Setelah divonis kanker, banyak penggemar yang menawarkan ginjal untuknya.

Mengaji Juga: Putuskan Tobat, 4 Artis Ini Dulu Gemar Dugem

“Gue merasakan terharu, banyak banget yang nawarin (donor ginjal). Ada yang bilang, ‘kak aku nggak butuh harta, aku cuma ingin kakak bekerja. Gue merinding. Orang random, kita nggak kenal, bisa sebaik tersebut, ” imbuh Vidi Aldiano.

Written by
Alan Reed