Suara.com – Siapa yang tak kenal Jackie Chan. Aktor ternama ini tentunya menjadi idol bagi para rookie yang ingin menjadi aktor laga legendaris yang hebat di dunia perfilman. Berikut ini profil Jackie Chan selengkapnya.

Jackie chan lahir di Victoria Peak, Hong Kong, 7 April 1954. Jackie Chan adalah tokoh terkenal dalam seni bela diri kung fu dan seorang aktor layar lebar dunia. Dia terkenal dengan aksi akrobatik di berbagai film.

Selain itu, aktor laga ini memiliki banyak sekali inovasi profesi, tak hanya sebagai aktor, tapi juga penulis naskah, sutradara, dan produser.

Aktif sejak tahun 1970-an, Jackie Chan sudah tampil di lebih dari 100 judul film. Dia juga memenangkan penghargaan Hong Kong Avenue Of Stars. Nama Jackie Chan tercatat pula di Hollywood Walk of Fame.

Latar Belakang Jackie Chan

Jackie Chan lahir dari pasangan Charles dan Lee-lee chan. Orang tuanya bekerja di distrik Victoria Peak, Kantor Kedutaan Perancis untuk Hongkong.

Pada saat itu, Jackie Chan sekolah di Nah-Hwa Primary School daratan Hong Kong. Pada 1960, ayahnya migrasi ke Canberra Australia dan bekerja sebagai juru masak untuk kedutaan Amerika. Di sini, Jackie Chan masuk sekolah Dickson College.

Karier Film Jackie Chan

Di umur 8 tahun, Jackie Chan tampil di film Big and Little Wong Tin Bar (1962). Setelah itu, masih mendapatkan peran kecil di film Kung Hu dan Come Drink With Me 1966.

Debut Jackie Chan yang membuatnya terkenal ialah film Snake In The Eagle’s Eye tahun 1978. Film ini merupakan sebuah film kung fu komedi dan menjadi karya terbaik menurut penonton dari Hong Kong.

Written by
Del