Suara. com – Kisah tentang tujuh pemuda yang melakukakan aksi pengeboman pertama di dalam upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia saat Agresi Militer Belanda I pada 1947 silam, diangkat dalam sebuah film bertajuk “Kadet 1947”.

Film yang diproduksi oleh Temata Studios, Screenplay Films & Legacy Pictures ini menampilkan cerita Indonesia yang belum pernah diceritakan dalam buku pelajaran sekolah.

Perjalanan tujuh orang muda kadet ini menggambarkan bagaimana potensi dan keberanian para pemuda melaksanakan serangan udara ke tentara Belanda di beberapa wilayah yang diduduki saat itu, Ambarawa dan Semarang.

Dengan segala keterbatasan peralatan dan senjata, mereka lulus melaksanakan serangan balik atas Serbuan Militer Belanda I pasca pengingkaran perjanjian Linggarjati oleh Belanda.

“Kenapa untold stories , karena ini bukan cerita yang besar kayak Jenderal Sudirman, tapi kisah ini dapat membangkitkan vitalitas bagi gerakan-gerakan yang lain, ” ujar produser “Kadet 1947”, Celerina Judisari seperti dimuat Antara.

Film ini sendiri disutradarai oleh Rahabi Mandra dan Aldo Swastia. Menurut Rahabi, tantangan terbesar dalam menggarap “Kadet 1947” ialah membuat cerita ini terhubung secara kisah aslinya.

Pokok, di dalamnya dimasukkan sisi drama agar lebih menghibur penonton.

“Cerita ini harus nyambung dengan aslinya. Jadi, kita kudu mirip dengan tokoh nyatanya. Kita harus cari kesesuaiannya dengan perkara nyata. Kita melakukan riset, peraturan berbahasa, gaya hidup, kondisi sosial dan apa yang dimakan masa itu, ” jelas sang sutradara.

Film “Kadet 1947” ini sendiri mendapat dukungan sejak Tentara Nasional Indonesia (TNI), khususnya AU (Angkatan Udara), karena rencana pada film ini terinspirasi dari satu diantara babak sejarah TNI AU yang belum banyak diketahui masyarakat pada umumnya.

Para aktor muda kendati didapuk untuk menjadi para kandidat, sebut saja Baskara Mahendra, Wafda Saifan, Kevin Julio, Ajil Ditto, Chicco Kurniawan, Samo Rafael, mematok Fajar Nugra.

Tersedia juga beberapa pemain lain yang lebih senior macam Ibnu Jamil, Ario Bayu, Lutesha, Mike Lucock, Indra Paciq dan lainnya.

Peluncuran film “Kadet 1947” awalnya direncanakan pada bulan Agustus 2020 untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-75.

Namun, proses produksi yang dimulai sejak awal Maret 2020 itu harus mengalami penundaan lantaran pandemi COVID-19 yang cukup masif di Indonesia.

Written by
Del