Suara. com kepala Penyanyi & novelis Dewi Lestari sangat bahagia tahun ini ia bisa kembali merayakan Waisak bersama suami, Reza Gunawan. Tapi yang spesial, saat ini ia merayakannya di satu diantara situs budaya terkenal, Candi Borobudur.

Jalan merayakan Waisak di Candi Borobudur, seakan mimpi dengan jadi nyata bagi Buah hati Lestari dan Reza Gunawan.

“Impian itu akhirnya terkabulkan. Sudah sejak lama aku dan @rezagunawan mendambakan memuliakan Waisak di Candi Borobudur, dan akhirnya tahun tersebut cita-cita itu terwujud, ” tulis Dewi Lestari pada bagian caption Instagram-nya.

Buah hati Lestari merayakan Hari Waisak di Candi Borobudur. [Instagram]

Sepanjang 2020, Candi Borobudur ditutup untuk wisatawan karena pandemi Covid-19. Tapi khusus untuk perayaan Waisak tahun ini, candi kembali dibuka terbatas untuk sejumlah orang untuk merayakan Waisak.

Menyuarakan Juga: Menengok Peringatan Waisak di Vihara Boen Hay Bio Tangsel, Tanpa Pradaksina

“Polisi dan tentara menjaga ketat. Area dalam candi tetap ditutup, dan umat Buddha hanya bisa melaksanakan pradaksina (prosesi mengelilingi candi sambil mengucap doa) pada pelataran saja, ” ujar pelantun “Malaikat Juga Tahu” ini menjelaskan.

“Namun demikian, berada diantara kelompok kecil adalah sepadan berkah. Setelah upacara mudah oleh para bhante sebab vihara Veluvana, kami mengacu pradaksina, ” imbuh perempuan 45 tahun ini menambahkan.

Sepanjang program, perempuan yang biasa disapa Dee ini mengaku ganjil dengan keindahan Candi Borobudur. Apalagi, candi yang biasanya didatangi ribuan turis, saat ini sepi dan Dewi Kekal begitu menikmati setiap detiknya.

“Bayangkan, tempat yang lazimnya dikunjungi ribuan orang dari berbagai penjuru dunia semasa berhari-hari, kini begitu sepi. Saya belum pernah menemui upacara besar-besaran, tapi dengan ini sudah membuat kami terengah-engah. Berada di depan candi itu sendiri sangat ajaib, ” tutur Buah hati Lestari.

Dewi Lestari pun mengucapkan terima kasih kepada panita acara, dengan telah mengundang dirinya & suami ke acara tersebut.

Baca Juga: Lepasliarkan Ikan, Pengikut Budha Gelar Ritual Fangshen Rayakan Waisak

“Terima kasih banyak @amanjiwo karena telah memfasilitasi awak dalam program Waisak Luar biasa. Kami diurus dengan benar baik. Semuanya lancar dan aman, dari keberangkatan mematok kedatangan kembali di hotel, ” katanya.

Written by
Alan Reed